ANALISIS
JURNAL:
JURNAL
1
PENGARUH
TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN AIR MINUM
AQUA DI KOTA DENPASAR
Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar
Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap
perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang.
Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap
perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada, terus menggarap
pelanggan- pelanggan potensial baru agar jangan sampai pelanggan meninggalkan
perusahaan menjadi pelanggan perusahaan lain. Dengan kata lain perusahaan harus
mampu mempertahankan loyalitas pelanggan. Sebagai salah satu produsen air minum
terbesar dan pertama di Indonesia, tentu Aqua tidah menghendaki para
pelanggannya beralih ke produk lain. Oleh karena itu, tuntutan untuk selalu
menjadi yang terbaik harus menjadi komitmen organisasi agar para pengguna air
minum masih tetap setia untuk selalu mengkonsumsi air minum Aqua. Kesetian
pelanggan tidak dapat dapat begitu saja diraih, tetapi memerlukan proses
panjang untuk meyakinkan bahwa Aqua merupakan air minum terbaik. Membangun
kepercayaan konsumen telah dilakukan oleh perusahaan air mineral Aqua sejak
didirikan. Hal ini dibuktikan dengan inovasi yang telah dilakukan oleh PT Tirta
Investama untuk selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen. Inovasi
tersebut berupa selalu melakukan pengembangan dan diversifikasi terhadap produk
Aqua serta membangun aliansi dengan merek terkenal, yaitu Danone untuk memperkuat
pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara
empiric pengaruh dari variabel trust in a
brand yang meliputi brand
characteristic, dan consumer – brand
characteristic terhadap brand
loyality. Merek yang diteliti adalah merek air minum Aqua, yang
respondennya diambil dari para pengguna air minum Aqua yang ada di Kota
Denpasar. Dengan menggunakan metode suksesif
interval dan dilanjutkan uji asumsi
regresi berganda menunjukan bahwa secara bersama-sama dan parsial variabel trust in a brand berpengaruh signifikan
terhadap brand loyality. Dalam upaya
meningkatkan loyalitas merek, pihak perusahaan harus senantiasa meningkatkan
dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan, brand characteristik sebagai salah satu
variabel yang berpengaruh dominan harus tetap dapat dikendalikan secara
langsung oleh perusahaan.
JURNAL 2
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP
KEPUASAN, REPUTASI MEREK DAN LOYALITAS KONSUMEN JAMU TOLAK ANGIN PT. SIDO
MUNCUL
Budi
Hermawan
Program
Studi Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII)
Indonesia
sebagai Negara yang memiliki rempah-rempah yang banyak, membuat para
masyarakatnya memanfaatkan rempah-rempah tersebut sebagai obat tradisional
salah satunya jamu. Jamu di Indonesia bayak macamnya dan disetiap daerah
mempunyai resep tersendiri untuk meracik jamu tradisional. Semakin pesatnya
industri di Indonesia menyebabkan banyaknya muncul perusahaan-perusahaan jamu
yang menawarkan berbagai macam jamu tradisional dalam bentuk kemasan yang
praktis. Banyakanya produk perusahaan jamu yang menawarkan varians produk yang
sama membuat persaingan semakin ketat. Salah satunya adalah PT. Sido Muncul,
mereka mengeluarkan sakah satu jamu merek untuk masuk angin dalam bentuk bentuk
sasetan dan dapat dibawa kema saja. Maka dari pada itu salah satu faktor kunci
yang menjadi perhatian PT. Sido Muncul dalam hal ini produk jamu tloak angin
adalah loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan satu faktor yang
dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Maka dibutuhkan usaha untuk
membangun dan mempertahankan loyalitas tersebut. Adapun yang menjadi tujuan
penelitian ini adalah, menguji kembali apakah model yang dikemukakan selnes
cukup relavan untuk mengukur loyalitas konsumen. Dan yang menjadi perhatian PT.
Sido Muncul dalam membangun loyalitas konsumennya adalah kualitas dari produk
jamu tolak angin, reputasi merek, dan kepuasan konsumen jamu tolak angin. Dengan
menggunakan metode purposive sampling dengan sampel yang diambil secara
acak dari populasi konsumen jamu Tolak
Angin PT. Sido Muncul di daerah Jakarta utara. Dari hasil penelitian dikatakan
bahwa kualitas produk dari jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul dinilai baik oleh
konsumen. Kualitas produk jamu Tolak Angin berpengaruh terhadap loyalitas
konsumen melalui reputasi merek. Pengaruh ini terjadi karena konsumen akan
semakin loyal jika mengetahui produk yang dikonsumsinya memiliki kualitas yang
baik dan reputasi merek yang baik. Maka loyalitas konsumen dapat ditingkatkan
dengan memperhatikan kualitas produk, kepuasan konsumen dan reputasi merek dari
jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul.
JURNAL
3
HUBUNGAN
CITRA MEREK, KEPUASAN dan LOYALITAS KONSUMEN
Djoko Lesmana Gorontalo
Universitas Gorontalo
Menurut Kotler & Amstrong (2006:229)
berpendapat bahwa merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain atau
kombinasi keseluruhannya, yang ditunjukan untuk mengidentifikasi barang atau
jasa yang ditawarkan perusahaan sekaligus sebagai diferensiasi produk. Maka
suatu merek/nama dapat bertindak sebagai pelindung yang subtansial dari
pengaruh luar ketika nama tersebut dibentuk dan mapan. Dan sebagai penanda
merek dagang atau jasa dapat dikuatkan oleh aturan peradilan, dan tidak
berakhir dalam beberapa periode. Kepuasan pelanggan yaitu evaluasi pelanggan
menyangkut produk atau jasa dalam kaitannya apakah barang atau jasa sudah
sesuai dengan kebutuhan dan harapannya (Zeithaml & Bitner, 200:75).
Kepuasan pelanggan akan dipengaruhi oleh fitur produk atau jasa yang spesifik
dan presepsi mutu, serta dipengaruhi oleh tanggapan-tanggapan pelanggan secaraa
emosional, kedudukan kelas sosialnya, dan presepsi mereka. Dengan memiliki
segmen pelanggan yang dianggap loyal, namun tekanan-tekanan persaingan yang
gencar yang sengaja diarahkan untuk mengubah loyalitas pelanggan, tidak dapat
diabaikan karena akan berlanjut dengan perpindahan merek. Makan dari itu dari
hasil penelitian ini dapat menjelaskan bagaimana bangkitnya merek perusahaan
dpengaruhi juga oleh merek produk, dengan demikian pertimbangan berfokus pada
fungsi pemasaran organisasi serta bagaimana merancang komunikasi perusahaan.
Branding perusahaan bukan saja merupakan kreasi nilai yang dijalankan
organisasi, melainkan juga penting untuk stakeholder nya, dikarenakan hal
tersebut membantu dalam mengidentifikasikan tujuan organisasi dan
memposisikannya di pasaran. Kepuasan pelanggan juga timbul dari adanya respon
emosional terhadap produk yang digunakan. Khususnya ketika mereka membandingkan
kinerja yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Dan tidak diragukan
lagi bahwa loyalitas konsumen adalah hasil dari kepuasan konsumen. Konsumen
yang merasa tidak puas, tidak akan melakukan pembelian kembali pada pedagang
atau toko yang sama, kecuali mereka tidak memiliki alternative yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar