Sabtu, 13 Oktober 2012

METODE RISET


ANALISIS JURNAL:

JURNAL 1


PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN AIR MINUM AQUA DI KOTA DENPASAR
Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar


Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada, terus menggarap pelanggan- pelanggan potensial baru agar jangan sampai pelanggan meninggalkan perusahaan menjadi pelanggan perusahaan lain. Dengan kata lain perusahaan harus mampu mempertahankan loyalitas pelanggan. Sebagai salah satu produsen air minum terbesar dan pertama di Indonesia, tentu Aqua tidah menghendaki para pelanggannya beralih ke produk lain. Oleh karena itu, tuntutan untuk selalu menjadi yang terbaik harus menjadi komitmen organisasi agar para pengguna air minum masih tetap setia untuk selalu mengkonsumsi air minum Aqua. Kesetian pelanggan tidak dapat dapat begitu saja diraih, tetapi memerlukan proses panjang untuk meyakinkan bahwa Aqua merupakan air minum terbaik. Membangun kepercayaan konsumen telah dilakukan oleh perusahaan air mineral Aqua sejak didirikan. Hal ini dibuktikan dengan inovasi yang telah dilakukan oleh PT Tirta Investama untuk selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen. Inovasi tersebut berupa selalu melakukan pengembangan dan diversifikasi terhadap produk Aqua serta membangun aliansi dengan merek terkenal, yaitu Danone untuk memperkuat pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara empiric pengaruh dari variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, dan consumer – brand characteristic terhadap brand loyality. Merek yang diteliti adalah merek air minum Aqua, yang respondennya diambil dari para pengguna air minum Aqua yang ada di Kota Denpasar. Dengan menggunakan metode suksesif interval dan dilanjutkan uji asumsi regresi berganda menunjukan bahwa secara bersama-sama dan parsial variabel trust in a brand berpengaruh signifikan terhadap brand loyality. Dalam upaya meningkatkan loyalitas merek, pihak perusahaan harus senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan, brand characteristik sebagai salah satu variabel yang berpengaruh dominan harus tetap dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan.

JURNAL 2

PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN, REPUTASI MEREK DAN LOYALITAS KONSUMEN JAMU TOLAK ANGIN PT. SIDO MUNCUL
Budi Hermawan
Program Studi Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII)

Indonesia sebagai Negara yang memiliki rempah-rempah yang banyak, membuat para masyarakatnya memanfaatkan rempah-rempah tersebut sebagai obat tradisional salah satunya jamu. Jamu di Indonesia bayak macamnya dan disetiap daerah mempunyai resep tersendiri untuk meracik jamu tradisional. Semakin pesatnya industri di Indonesia menyebabkan banyaknya muncul perusahaan-perusahaan jamu yang menawarkan berbagai macam jamu tradisional dalam bentuk kemasan yang praktis. Banyakanya produk perusahaan jamu yang menawarkan varians produk yang sama membuat persaingan semakin ketat. Salah satunya adalah PT. Sido Muncul, mereka mengeluarkan sakah satu jamu merek untuk masuk angin dalam bentuk bentuk sasetan dan dapat dibawa kema saja. Maka dari pada itu salah satu faktor kunci yang menjadi perhatian PT. Sido Muncul dalam hal ini produk jamu tloak angin adalah loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan satu faktor yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Maka dibutuhkan usaha untuk membangun dan mempertahankan loyalitas tersebut. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah, menguji kembali apakah model yang dikemukakan selnes cukup relavan untuk mengukur loyalitas konsumen. Dan yang menjadi perhatian PT. Sido Muncul dalam membangun loyalitas konsumennya adalah kualitas dari produk jamu tolak angin, reputasi merek, dan kepuasan konsumen jamu tolak angin. Dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel yang diambil secara acak  dari populasi konsumen jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul di daerah Jakarta utara. Dari hasil penelitian dikatakan bahwa kualitas produk dari jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul dinilai baik oleh konsumen. Kualitas produk jamu Tolak Angin berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui reputasi merek. Pengaruh ini terjadi karena konsumen akan semakin loyal jika mengetahui produk yang dikonsumsinya memiliki kualitas yang baik dan reputasi merek yang baik. Maka loyalitas konsumen dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kualitas produk, kepuasan konsumen dan reputasi merek dari jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul.

JURNAL 3

HUBUNGAN CITRA MEREK, KEPUASAN dan LOYALITAS KONSUMEN
Djoko Lesmana Gorontalo
Universitas Gorontalo

Menurut Kotler & Amstrong (2006:229) berpendapat bahwa merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasi keseluruhannya, yang ditunjukan untuk mengidentifikasi barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan sekaligus sebagai diferensiasi produk. Maka suatu merek/nama dapat bertindak sebagai pelindung yang subtansial dari pengaruh luar ketika nama tersebut dibentuk dan mapan. Dan sebagai penanda merek dagang atau jasa dapat dikuatkan oleh aturan peradilan, dan tidak berakhir dalam beberapa periode. Kepuasan pelanggan yaitu evaluasi pelanggan menyangkut produk atau jasa dalam kaitannya apakah barang atau jasa sudah sesuai dengan kebutuhan dan harapannya (Zeithaml & Bitner, 200:75). Kepuasan pelanggan akan dipengaruhi oleh fitur produk atau jasa yang spesifik dan presepsi mutu, serta dipengaruhi oleh tanggapan-tanggapan pelanggan secaraa emosional, kedudukan kelas sosialnya, dan presepsi mereka. Dengan memiliki segmen pelanggan yang dianggap loyal, namun tekanan-tekanan persaingan yang gencar yang sengaja diarahkan untuk mengubah loyalitas pelanggan, tidak dapat diabaikan karena akan berlanjut dengan perpindahan merek. Makan dari itu dari hasil penelitian ini dapat menjelaskan bagaimana bangkitnya merek perusahaan dpengaruhi juga oleh merek produk, dengan demikian pertimbangan berfokus pada fungsi pemasaran organisasi serta bagaimana merancang komunikasi perusahaan. Branding perusahaan bukan saja merupakan kreasi nilai yang dijalankan organisasi, melainkan juga penting untuk stakeholder nya, dikarenakan hal tersebut membantu dalam mengidentifikasikan tujuan organisasi dan memposisikannya di pasaran. Kepuasan pelanggan juga timbul dari adanya respon emosional terhadap produk yang digunakan. Khususnya ketika mereka membandingkan kinerja yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Dan tidak diragukan lagi bahwa loyalitas konsumen adalah hasil dari kepuasan konsumen. Konsumen yang merasa tidak puas, tidak akan melakukan pembelian kembali pada pedagang atau toko yang sama, kecuali mereka tidak memiliki alternative yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar