Minggu, 21 Oktober 2012

METODE RISET BAB 1


TEMA PENULISAN:
“MENGANALISIS PENGARUH REPUTASI MEREK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TEH DALAM KEMASAN BOTOL TEH BOTOL SOSRO PT. SOSRO DI WILAYAH UNIVERSITAS GUNADARMA DEPOK”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
            Di era yang modern saat ini, banyaknya masyarakat yang menginginkan semua kebutuhan dan keperluan tersedia dengan cepat dan praktis. Seperti halnya dalam mencari minuman pelepas dahaga yang diperlukan masyarakat dalam waktu yang cepat, selain air mineral teh sudah menjadi minuman utama yang dicari masyarakat untuk menghilangkan dahaga atau sebagai merilekskan badan. Akan tetapi dengan waktu yang sangat padat membuat masyarakat yang menggemari teh memiliki kesulitan untuk meracik teh dengan cepat, yang mengakibatkan para masyarakat mencari minuman alternatif yang cepat untuk menghilangkan dahaga. Maka dari itu PT. SOSRO membuat trobosan dengan membuat teh dalam kemasan botol yang praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat teh. Dari trobosan baru tersebut masyarakat sangat tertarik dan membuat meningkatnya antusias akan permintaan teh botol sosro.
            Loyalitas pelanggan terhadap merek produk merupakan konsep sangat penting khususnya pada kondisi pada kondisi tingkat persaingan yang sangat ketat dengan pertumbuhan yang rendah. Pada kondisi demikian loyalitas pada merek sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan hidup. Di samping itu, ipaya mempertahankan loyalitas merek ini merupakan upaya strategis yang lebih efektif dibandingkan dengan upaya menarik pelanggan baru. Persoalan merek menjadi salah satu persoalan yang harus dipantau secara terus- menerus oleh seriap perusahaan. Merek-merek yang kuat, teruji, dan bernilai tinggi terbukti tidak hanya sukses mengalahkan hitung-hitungan rasional, tetapi juga canggih mengolah sisi-sisi emosional konsumen. Merek bias memiliki nilai tinggi karena ada brand building activity yang bukan sekedar berdasarkan komunikasi, tetapi merupakan segala macam usaha lain untuk memperkuat merek tersebut.
            Seiring perjalanan waktu banyaknya perusahaan minuman teh yang menawarkan produk yang sama dan membuat persaingan semakin ketat. Suatu kewajaran jika perusahaan yang berada pada masa hyper competition seperti saat ini menyiapkan berbagai kegiatan untuk mempertahankan diri agar tetap dapakt eksis dipasaran. Salah satu faktor yang menjadi perhatian PT. SOSRO dalam hal ini produk minuman teh botol sosro adalah loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan suatu faktor yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Apabila seorang konsumen telah berubah menjadi konsumen yang loyal karena kepuasannya terpenuhi makan konsumen tersebut tidak akan beralih ke produk perusahaan lain yang sejenis. Hal yang menjadi perhatian teh botol sosro dalam membangun serta mempertahankan loyaliats konsumennya adalah kualitas dari produk teh botol sosro, reputasi merek teh botol sosro dan kepuasan pelanggan teh botol sosro.
              Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan dan loyalitas yang diberikan konsumen pada satu merek dagang. Perbedaan penelitian dengan penelitian yang direplkasi adalah penguji dibatasi hanya untuk produk Teh botol sosro PT. SOSRO.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1)      Apakah reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro PT. SOSRO?
2)      Apakah reputasi merek  berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO?
3)      Apakah reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO?

1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
1)      Untuk mengetahui reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro PT. SOSRO.
2)      Untuk mengetahui reputasi merek  berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO.
3)      Untuk mengetahui reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar