TEMA PENULISAN:
“MENGANALISIS PENGARUH REPUTASI MEREK
TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TEH DALAM KEMASAN BOTOL TEH BOTOL
SOSRO PT. SOSRO DI WILAYAH UNIVERSITAS GUNADARMA DEPOK”
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Di
era yang modern saat ini, banyaknya masyarakat yang menginginkan semua
kebutuhan dan keperluan tersedia dengan cepat dan praktis. Seperti halnya dalam
mencari minuman pelepas dahaga yang diperlukan masyarakat dalam waktu yang
cepat, selain air mineral teh sudah menjadi minuman utama yang dicari
masyarakat untuk menghilangkan dahaga atau sebagai merilekskan badan. Akan
tetapi dengan waktu yang sangat padat membuat masyarakat yang menggemari teh
memiliki kesulitan untuk meracik teh dengan cepat, yang mengakibatkan para
masyarakat mencari minuman alternatif yang cepat untuk menghilangkan dahaga.
Maka dari itu PT. SOSRO membuat trobosan dengan membuat teh dalam kemasan botol
yang praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat teh. Dari
trobosan baru tersebut masyarakat sangat tertarik dan membuat meningkatnya
antusias akan permintaan teh botol sosro.
Loyalitas
pelanggan terhadap merek produk merupakan konsep sangat penting khususnya pada
kondisi pada kondisi tingkat persaingan yang sangat ketat dengan pertumbuhan
yang rendah. Pada kondisi demikian loyalitas pada merek sangat dibutuhkan agar
perusahaan dapat bertahan hidup. Di samping itu, ipaya mempertahankan loyalitas
merek ini merupakan upaya strategis yang lebih efektif dibandingkan dengan
upaya menarik pelanggan baru. Persoalan merek menjadi salah satu persoalan yang
harus dipantau secara terus- menerus oleh seriap perusahaan. Merek-merek yang
kuat, teruji, dan bernilai tinggi terbukti tidak hanya sukses mengalahkan
hitung-hitungan rasional, tetapi juga canggih mengolah sisi-sisi emosional
konsumen. Merek bias memiliki nilai tinggi karena ada brand building activity yang bukan sekedar
berdasarkan komunikasi, tetapi merupakan segala macam usaha lain untuk
memperkuat merek tersebut.
Seiring
perjalanan waktu banyaknya perusahaan minuman teh yang menawarkan produk yang
sama dan membuat persaingan semakin ketat. Suatu kewajaran jika perusahaan yang
berada pada masa hyper competition seperti saat ini menyiapkan berbagai
kegiatan untuk mempertahankan diri agar tetap dapakt eksis dipasaran. Salah
satu faktor yang menjadi perhatian PT. SOSRO dalam hal ini produk minuman teh
botol sosro adalah loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan suatu
faktor yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Apabila seorang
konsumen telah berubah menjadi konsumen yang loyal karena kepuasannya terpenuhi
makan konsumen tersebut tidak akan beralih ke produk perusahaan lain yang
sejenis. Hal yang menjadi perhatian teh botol sosro dalam membangun serta
mempertahankan loyaliats konsumennya adalah kualitas dari produk teh botol
sosro, reputasi merek teh botol sosro dan kepuasan pelanggan teh botol sosro.
Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis kepuasan dan loyalitas yang diberikan
konsumen pada satu merek dagang. Perbedaan penelitian dengan penelitian yang
direplkasi adalah penguji dibatasi hanya untuk produk Teh botol sosro PT.
SOSRO.
1.2
Rumusan Masalah
Dari latar belakang
masalah yang telah diuraikan dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1) Apakah
reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro
PT. SOSRO?
2) Apakah
reputasi merek berpengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO?
3) Apakah
reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan
konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO?
1.3
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan
yang telah dirumuskan, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai
berikut:
1) Untuk
mengetahui reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Teh
Botol Sosro PT. SOSRO.
2) Untuk
mengetahui reputasi merek berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO.
3) Untuk
mengetahui reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen
melalui kepuasan konsumen pelanggan Teh Botol Sosro PT. SOSRO.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar