BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis pada bab
sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa.
1. Reputasi merek berpengaruh positif terhadap
loyalitas konsumen Teh Botol Sosro PT. SOSRO karena, variasi
loyalitas konsumen dipengaruhi baik secara langsung maupun secara tidak
langsung oleh variasi berbagai variabel di antaranya kualitas produk.
2. Reputasi
merek berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pelanggan Teh
Botol Sosro PT. SOSRO karena, variasi kepuasan
konsumen dipengaruhi baik secara langsung maupun secara tidak langsung oleh
variasi berbagai variabel di antaranya kualitas produk.
3. Reputasi merek
berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pelanggan
Teh Botol Sosro PT. SOSRO, Ini berarti bahwa
loyalitas konsumen dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kualitas produk,
kepuasan konsumen dan reputasi merek dari Teh Botol Sosro PT.
SOSRO.
5.2 Saran
Dari
kesimpulan hasil penelitian di atas, penulis akan menyampaikan beberapa saran
berkenaan dengan model loyalitas konsumen untuk Teh Botol Sosro
PT. SOSRO
dalam rangka meningkatkan loyalitas konsumen jamunya. Kualitas produk merupakan
aspek penting yang mempengaruhi loyalitas konsumen, untuk itu kualitas produk
harus dapat ditingkatkan lagi. Mengingat varian jamu sejenis dengan merek lain
bermunculan, PT. SOSRO harus menunjukan bahwa produknya yang terbaik. Hal
ini merupakan suatu keharusan bagi perusahaan yang ingin menjadi pimpinan di
pasar.
Perubahan harapan konsumen akan produk
dapat mengakibatkan perubahan tingkat kepuasan konsumen. Hal ini sangat mungkin
terjadi karena arus informasi yang sangat tinggi dapat mengakibatkan perubahan
harapan yang sangat cepat. Agar perusahaan dapat mempertahankannya, perusahaan
harus melakukan penelitian kepuasan konsumen secara terus menerus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar