BAB III
METODELOGI PENELITIAN
3.1 Populasi
dan Sampel
Konsumen Teh Botol Sosro PT. Sosro
merupakan populasi yang tidak terhitung (infinite), sehingga sulit
diketahui ukuran populasinya. Berdasarkan hal itu, maka pada penelitian ini
menggunakan teknik pengambilan sampel teknik sampling tidak acak (nonprobability
sampling) dengan cara purposive sampling (sampling dengan tujuan) yaitu
dengan mengambil sampel secara tidak acak dari populasi konsumen Teh Botol
Sosro PT. Sosro yang ditemui saat mengkonsumsi
produk tersebut di toko dan kios-kios di kawasan Universitas Gunadarma Depok.
Ukuran sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden, hal ini berdasarkan
pendapat Hair yang menyatakan ukuran sampel yang sesuai antara 100 hingga 200
(Hair et. al., 1998). Untuk melakukan uji instrumen digunakan 30 responden.
3.2 Pengumpulan
Data
Pengumpulan
data penelitian menggunakan teknik wawancara dan observasi.
1) Wawancara
Teknik
wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dengan melakukan pertanyaan
langsung kepada para responden dan pihak yang berkompeten dalam penelitian. Wawancara
dilakukan dengan metode angket yang berisi berbagai pertanyaan tentang variabel
penelitian. Data dikumpulkan dengan cara membagikan angket kepada para calon
responden khususnya konsumen Teh Botol Sosro pada tempat-tempat penjualan Teh
Botol Sosro.
2) Observasi
Teknik
pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang
diteliti dalam mengumpulkan informasi penelitian.
3.3 Instrumen
Penelitian
Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan alat bantu yang berupa instrumen penelitian. Instrumen tersebut
mencakup seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) reputasi
merek, (2) kepuasan konsumen dan (3) loyalitas konsumen. Semua instrumen
tersebut dikembangkan oleh Fred Selnes dan dimodifikasi untuk disesuaikan
dengan penelitian ini oleh peneliti. Untuk itu instrumen yang telah
dimodifikasi harus diuji kembali validitas dan reliabilitasnya. Skala yang
digunakan dalam instrumen penelitian ini adalah skala Likert, yang merupakan
skala interval (Sekaran, 2006).
4.4 Teknik
Analisis Data
Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Untuk pengujian
hipotesis, penelitian ini menggunakan teknik analisis struktural equation
model (SEM) yang diolah dengan bantuan program Lisrel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar